7/17/2012
18
Tutorial ini untuk para master wordpress saya rasa sudah usang, tetapi menurut saya, yang masih belajar wordpress juga banyak sekali, termasuk saya hehe :D, untuk itu saya rasa tidak ada salahnya kembali berbagi.

Disini saya akan berusaha menjelaskan
se-detail mungkin cara mengedit footer yang di encrypt yang tampilannya hanya kode-kode huruf dan angka dengan jumlah ratusan dan jelas tidak akan bisa kita edit.

Cara menemukannya silahkan login wordpress anda ya..(dalam hal ini wordpress self hosting, atau wordpress org).

Silahkan anda klik menu Appearance -> Editor -> Footer (footer.php), atau ikuti sesuai gambar dibawah ini : (klik gambar untuk memperbesar)


Kira-kira apakah anda bisa mengeditnya..?, sangat susah sekali bukan :).

Lalu saatnya melalukan pengeditan. Masih di menu editor, klik Main Index Template (index.php) sesuai gambar. dalam beberapa themes wp lainnya namanya home.php.

Kemudian cari kode seperti yang saya lingkari di gambar, (letaknya di akhir kode).




Setelah ketemu rubah / sisipi kode seperti gambar dibawah ini :


Kenudian klik save (update file).

Langkah selanjutnya adalah buka alamat blog wordpress anda di browser (kalau sudah terbuka refresh aja).

Kemudaian ambil kode source dari blog anda, cara nya :

Untuk browser Internet Explorer caranya klik : View -> Source
Untuk browser Mozilla Firefox caranya klik : View -> Page Source

Atau anda bisa klik kanan di halaman kosong blog anda dan klik source, seperti gambar dibawah ini. Semua browser bisa pakai cara ini, saya sendiri menggunakan opera seperti yang digambar.



Pada halaman tab source code yang muncul, silahkan anda cari kode yang tadi kita beri pembatas dengan <!--–Awal kode footer–--> dan <!--–Akhir kode footer–-->

Dengan demikian akan mudah kita mencarinya. Untuk jelasnya seperti yang saya contohkan di bawah ini :

<!--–Awal kode footer–-->

disinilah kode footer yang nanti anda copy

<!--–Akhir kode footer–-->


Setelah anda menemukannya, lalu silahkan copy kode di antara baris <!--–Awal kode footer–--> dan <!--–Akhir kode footer–--> , Lalu paste kan pada file footer.php theme anda tadi. (sebelumnya anda hapus semua kode yang tak beraturan di dalam footer.php tadi). lalu save / update file.

Akhirnya, kini anda bisa mengedit footer.php anda dengan sesuka hati karena kode sudah berhasil anda ganti, anda bisa dengan mudah mengganti copyright seperti contoh gambar di bawah ini.



Itulah tadi pembahasan tentang cara mengganti copyright dari footer yang ter-encrypt melalui wordpress self hosting, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

18 comment:

  1. gan punya ane eror nie? udah tak copy semuane
    line yg div pertama
    fatal di langkah terakirnua

    kirim tutorial ke afifsinus@gmail.com untuk sintax footernya

    ReplyDelete
  2. caranya berhasil,...., izin share yah gan...

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. wah lucunya nih iconnya... mau dong gan!!!

    Ini Namawebku

    ReplyDelete
  5. sukses edit footernya berdasarkan langkah-langkah diatas. terimakasih gan...

    http://inisayanet.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. makasihhhhhh master akhirnya kehapus juga footernya

    ReplyDelete
  7. Saya punya kok gak bisa di edit

    ReplyDelete
  8. tidak untuk semua thema tu gan...

    ReplyDelete
  9. gan kalo di rubah apa nanti pas update theme masih bisa?
    atau nanti ada efek yang tidak bagus saat ke detect ada perubahan dari format asli nya.
    Mohon info nya ya gan :)

    ReplyDelete
  10. Makasiii msd4ani.. :D berhasil euy... manfaat ilmunya.. apalagi buat saya yang masih awam di dunia per-HTML-an.. hihihi.

    ReplyDelete
  11. Wah keren, berhasil. Terima Kasih banyak Gan. Sukses.

    ReplyDelete
  12. mau nanya gan, cara mengubah copyrgiht dari th 2016 menjadi 2000 atau sebelumhya gimana gan? tolong infonya sya tunggu di email ane ghulamuzaidin@gmail.com saya tunggu wasiatnya suhuu :d

    ReplyDelete
  13. wah... udah lama dicari langsung dipratikin gan, moga berhasil ya

    ReplyDelete