7/10/2012
0
Pertama-tama saya akan mengucapkan syukur alhamdulillah atas terselesaikannya hutang kartu kredit saya dalam hal ini kartu kredit HSBC yang menumpuk dan benar-benar menjadi duri yang sangat tajam serta menyakitkan dalam kehidupan saya. Dengan selesainya HSBC maka tinggal satu kartu kredit yang sedang dalam proses angsuran reschedule yaitu Citibank. Dengan selesainya eposide panjang hutang saya di HSBC yang sampai bertahun-tahun dalam jumlah nominal yang tidak sedikit (menurut saya), yaitu
5 juta dan 3 juta dari 2 kartu yaitu MASTERCARD dan VISA, akhirnya saya dapat terbebas dan merasa plong alias lega berkat terselesaikannya hutang tersebut dan saya jadi tenang dalam menapaki kehidupan saya yang akan datang.

Pada dasarnya yang namanya hutang memang harus dilunasi karena hutang akan kita bawa seandainya kita meninggal dan meninggalkan dunia ini, hutang tidak bisa ditinggal seperti yang lainnya. Bayangkan jika kondisi keimanan kita saja tergolong masih minim eh malah masih diboncengin sama hutang yang menumpuk yang kita nantinya akan dimintai pertanggunjawaban alis ditagih di akhirat kelak, bukankan lebih menyakitkan lagi tu hehe..

Ok, pada artikel ini saya ingin sharing sedikit tentang cara menghadapi hutang kartu kredit agar kita terbebas darinya tanpa harus membayar tagihan minimum tiap bulan yang bunganya juga gila-gilaan. Tips yang akan saya beberkan disini adalah cara bagaimana kita bisa selesaikan hutang dengan menggunakan program yang dikeluarkan oleh bank pemilik kartu kredit kita. Program itu disebut program reschedule atau program diskon, dimana program reschedule itu sendiri akan dapat memperingan usaha kita di dalam melakukan pelunasan secara bertahap.

Sistem kerja program ini adalah membagi jumlah tunggakan utama kita (pagu kredit) kita yang terakhir. Arti dari membagi adalah, misal jumlah pagu kredit anda 5 juta, walaupun apabila anda menunggak pembayaran hingga bunganya menjadi sangat besar maka yang akan dimasukkan ke dalam program diskon hanyalan pagu yang terakhir anda miliki, dengan kata lain semua bunga dari keterlambatan yang menumpuk akan sirna dan anda hanya diminta untuk membayar pagu.

Yang perlu anda lakukan adalah, anda cukup datang ke bank terkait di bagian Debt Collector dan utarakan tujuan anda dalam hal ini pengajuan permohonan program diskon. Nantinya dari pihak debt collector akan memberikan pertanyaan seputar kartu kredit anda, jawab saja, gampang kok. Setelah itu anda akan diberikan form pengajuan bermaterai dan kesanggupan membayar dalam jangka waktu yang telah ditentukan tanpa adanya bunga kartu kredit sepeserpun. Anda akan diminta memilih berapa bulan anda sanggup mengangsurnya, waktu saya dulu pilihan mulai dari 3 bulan, 6 bulan, 9 bulan dan 12 bulan. Saya ambil yang 12 bulan karena biar enteng hehe :D.

Berikut ini saya lampirkan surat permohonan pengajuan kartu kredit citibank, perlu diketahui untuk masing-masing bank kadang berbeda dan untuk HSBC sendiri tidak memerlukan surt permohonan tetapi langsung datang saja ke bank nya, lampiran ini saya tujukan hanya sebagai referensi saja.




Sedikit saran saya kepada para pemakai kartu kredit

Sebenarnya memiliki kartu kredit adalah solusi untuk kita agar lebih praktis dalam menggunakan keuangan kita asal kita menggunakannya dengan bijaksana. Apabila anda termasuk orang yang cukup mampu mengontrol keuangan dan nafsu maka tidak ada salahnya menggunakan kartu kredit karena itu justru memudahkan anda dalam setiap aktifitas. Tetapi jika anda tipikal orang yang mudah tergoda akan sesuatu, contoh : anda suka belanja, punya keinginan besar untuk memiliki sesuatu, boros, dll yang dapat menguras dana anda, berhati-hatilah menggunakan kartu kredit. Semua kita kembalikan pada diri kita masing-masih seperlu apa kita menggunakan kartu kredit. Saran saya, gunakanlah kartu kredit anda secara bijak dan gunakanlah akal sehat, jangan seperti saya dulu :D, semoga tulisan ini dapat sedikit membantu rekan-rekan yang sedang mengalami masalah dengan kartu kredit. Sekian dan terimakasih

0 comment:

Post a Comment