2/11/2013
1
Kali ini saya akan memberikan contoh surat yang mungkin suatu saat akan anda butuhkan, yaitu Surat Pengunduran Diri. Surat pengunduran diri ini harus dibuat dengan teliti dan harus menggunakan bahasa yang baik dan jelas serta benar kata-katanya.


Sebelum anda memutuskan untuk mengundurkan diri, ada baiknya anda pikirkan matang-matang tentang langkah yang anda ambil. Pastikan bahwa anda sudah benar-benar mendapatkan pekerjaan pengganti yang lebih baik, jangan sampai anda menyesal setelah memutuskan untuk benar-benar mundur dari perusahaan tempat anda bekerja.

Dan apabila anda sudah benar-benar yakin untuk mengundurkan diri (resign), mungkin beberapa contoh surat pengunduran diri dibawah ini bisa menjadi inspirasi anda untuk menulisnya, silahkan :

-------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Pertama

Semarang, 12 Februari 2013

Kepada,
yth,
Dir. HRD PT. ....
Di
Tempat

Dengan Hormat,
Melalui surat ini saya selaku karyawan PT .... berdasarkan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) tentang kekaryawanan dan Undang – Undang tenaga kerja maka saya yang bertanda tangan dibawah ini.

Nama : ....
Departemen : ....
Jabatan : ....
NIP : ....

Mengajukan pengunduran diri dari PT .... dengan alasan kesehatan dan keluarga ....(sebutkan alasan lain sesuai dengan kondisi anda tidak perlu terlalu detail). Surat ini saya buat sesuai prosedur hubungan ketenagakerjaan dan tanpa adanya pengaruh dari pihak manapun dan atau motivasi negatif.

Saya berharap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak - hak saya (jika masih ada hak yang belum diberikan) sesuai ketentuan yang berlaku.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya dan atas kehendak saya pribadi. Dan semoga PT .... dapat semakin berkembang dengan baik.

Atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Hormat Saya,
Semarang, 12 Februari 2013



(nama lengkap anda)

-------------------------------------------------------------------------------------
Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja Kedua

Semarang, 12 Februari 2013

Kepada Yth.
HRD Manager
PT. ....
Jl. Sriwijaya No. 20
Semarang.

Dengan hormat,
Melalui surat ini saya (Nama Lengkap Anda) mengajukan permohonan mengundurkan diri sebagai karyawan PT. .... terhitung sejak tanggal 12 Februari 2013.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan untuk bekerja dan ikut memberikan tenaga saya di PT. .... , sebagai suatu perusahaan besar di bidang otomotif sebagai Kepala Gudang selama kurang lebih 3 tahun.

Tak lupa saya mohon maaf kepada jajaran manajemen PT. .... apabila terdapat hal-hal yang tidak baik yang telah saya lakukan selama bekerja di PT. ....

Saya berharap dan berdo’a agar PT. .... dapat terus berkembang dan selalu mendapatkan yang terbaik.

Hormat saya,


(Nama Lengkap Anda)

-------------------------------------------------------------------------------------

Semoga bermanfaat

1 comment: